La Pecora Nera [Review]

Halo! Aku mau bahas satu cerpen yang menarik. 

Tentang Negeri Para Maling!

Cerpen ini berjudul "La  Pecora Nera" atau "Kambing Hitam" karya Italo Calvino yang terbit tahun 1993, menceritakan suatu negara yang semua penduduknya adalah pencuri. Mencuri alias maling adalah hal yang wajar banget di sana. Bisnis dan penipuan menjadi satu kesatuan. Pemerintahan di negara itu dibentuk oleh kelompok kriminal dan dirancang untuk mencurangi rakyatnya, jauuuuh banget dari menyejahterakan. Eh tapi, rakyatnya juga menghabiskan waktunya untuk mencurangi Pemerintah. Makanya nggak ada masalah, dan fine-fine aja.

Di negara itu, tidak ada si kaya atau si miskin. Semuanya rata. Karena setiap malam, para penduduk akan saling mencuri satu sama lain. Dan esok paginya, semua penduduk akan mendapatkan hasil curian yang rata untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Sampai suatu hari, ada orang jujur yang muncul di negara itu. 

Setelah kemunculan orang jujur, terjadi ketimpangan di antara para penduduk. Orang jujur karena sifatnya yang jujur dengan teguh tidak mau mencuri, dan membuat rumah orang yang seharusnya ia curi tetap dalam kondisi full, sementara esok paginya pemilik rumah tersebut membawa hasil curian dari rumah lain.

Orang jujur jatuh miskin karena setiap malam rumahnya selalu dirampok. Saat di rumah orang jujur sudah tidak ada apa-apa lagi, orang yang kebagian maling di rumah orang jujur harus pulang dengan tangan kosong dan mendapati rumahnya sendiri kemalingan.

Dan dari situlah, di negara itu akhirnya muncul orang yang lebih kaya dari orang lainnya.

Lalu, bagaimana nasib orang jujur?

Bagaimana nasib negara itu selanjutnya?

Kalian bisa baca langsung cerpennya di sini.


Menurutku, cerpen ini jelas sangat kontradiktif dan bertentangan dengan norma-norma yang selama ini kita tahu.

Selama ini, kita tahu kalau mencuri adalah hal yang buruk dan jujur adalah hal yang baik. Tapi dalam kondisi tertentu, ternyata bisa berbalik. Hmm.. pada akhirnya aku  menarik kesimpulan bahwa baik dan buruk tergantung pada perspektif masing-masing orang. Baik bisa menjadi buruk, dan buruk bisa menjadi baik, tergantung pada sudut mana orang itu melihatnya.


(November, 2022)

#30haribercerita #30hbc2304 #30hbc23


Komentar

Postingan Populer