3 Rekomendasi Lagu Balada bertema Kangen-kangenan [Fabula's Playlist]


Aneh nggak sih kalau kalian tiba-tiba ngerasa kangen, tapi nggak tahu kangen sama siapa, nggak ngerti kangen karena apa. Oke, pembicaraan ini mungkin akan terasa sedikit aneh. Bisa nggak sih seseorang kangen tanpa sebab? Kayak sebuah kalimat subjek ditambah predikat, tapi nggak ada objeknya. Cuma ‘aku kangen’. Tanpa ada terusannya lagi setelah subjek dan predikat itu. Kangennya kangen karena apa? Kangen makan, kangen orangtua, kangen main, atau kangen apa? Kangen kamu? Nggak jelas, kan? Ini aneh banget.

Aku kadang-kadang suka aneh semacam itu. Aku bisa tiba-tiba merasa kangen, tapi nggak tahu karena apa. Iya, cuma kangen aja. Apa kangen juga membutuhkan alasan? Apa harus punya ‘objek’ atau hal yang dikangenin saat kangen? Aku nggak ngerti.

Belakangan ini, aku suka banget ngedengerin lagu bertema kangen-kangenan. Semacam Missing You-nya BTOB, Beautiful-nya Wanna One, dan Miracle-nya Jung Sewoon. Aku juga nggak ngerti kenapa. Kalian pasti pernah merasa, ‘Hey, lagu ini tuh lagu aku banget!’, kan? Dan aku merasa tiga lagu di atas bener-bener lagu aku banget! Haha. Padahal liriknya sama sekali nggak nyambung dengan cerita real hidupku ini. 

Nggak ngerti. Aneh.

Jadi, apa sih sebenarnya maksud dari postingan ini?

Mau cerita tentang diri sendiri yang aneh?

Oh, tentu tidak!

Aku mau merekomendasikan beberapa lagu bertema kangen-kangenan buat kalian yang sedang kangen seseorang. Sabtu malam juga kan, ya? (apa hubungannya?)(btw, ini ditulis kemarin malam)(karena keburu ngantuk parah gajadi di post semalam)(kok, jadi curhat?).

Kalau punya seseorang mah enak, tau apa yang dikangengin. Ini kalau nggak punya, kan berabe, jadinya aneh sendiri. ‘Kangennya abal-abal nih.’ :(

Oke, skip!

1. Missing You- BTOB

(Photo source: disini)

Lagu pertama yang mau kurekomendasikan adalah lagu berjudul ‘Missing You’ milik BTOB. Sumpah, lagu ini enak banget. Tipikal lagu yang bikin kamu suka tanpa alasan, nggak peduli tahu liriknya atau enggak. Tapi, setelah tahu liriknya.. malah jadi baper sendiri. Aku bisa menangkap perasaan seorang laki-laki yang sedang didera rindu, ditambah gagal move on juga! Waduh! Iya sih, bagi kebanyakan orang (apalagi yang tidak terlalu suka kpop) maknanya sederhana dan biasa aja, bahkan terkesan lebay. Banyak kok laki-laki di luar sana di Planet Bumi ini yang sedang rindu juga gagal move on.

Tapi di lagu ini, hal itu terasa istimewa.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan perasaan nggak bisa hanya sekedar ‘sederhana dan biasa aja’, kan?

Aku suka banget intronya, bilang gini;

“My life is incomplete.. It's missing you..”

Nah kan, nyanyinya belum juga mulai udah bikin baper aja. 

Bagian lain yang aku suka tentu yang ini;

Neoreul geuriwohada haruga da jinasseo
Aku merindukanmu, sehari sudah terlewati 
Neoreul geuriwohada il nyeoni gabeoryeosseo
Aku merindukanmu, setahun sudah berlalu 
Nan geunyang geureohge sara
Aku hidup seperti itu 
Neoreul geuriwohada geuriwohada
Aku merindukanmu dan merindukanmu
Kayak langsung terngiang-ngiang gitu di telinga. Silakan didengarkan~

(Photo source: Instagram @yook_can_do_it)

2. Beautiful- Wanna One

(Photo source: Instagram @wannaone.official)

Lagu rekomendasianku yang kedua adalah lagu berjudul ‘Beautiful’ milik Wanna One. Lagu ini nuansanya lebih sendu dari lagu pertama. Dan entah kenapa, mendengarkan lagu ini membuatku sedih. Bukan, bukan karena aku nggak ngerti bahasa koreyah. Tapi, ada sesuatu di lagu ini yang bikin hati sakit (oke, mulai lebay!).

Tapi serius, saat membaca terjemahan liriknya pun, lagu ini terkesan sedih banget. Katanya, lagu ini adalah lagu tentang merindukan seseorang yang sudah tidak ada lagi di Bumi (oke, silakan digarisbawahi, katanya ya KATANYA. Aku lupa lagi baca tentang hal ini dimana. Haha.) Aku juga nggak tahu pasti apa makna sebenarnya dari lagu ini. Tapi, yang membuatku sedikit yakin kalau lagu ini tentang merindukan orang yang sudah tidak ada lagi di Bumi adalah intro dan outronya. 

(Silakan koreksi jika aku salah, ya.)

Bagiannya Baejin emang killing part banget. Pas nyanyiin 'i miss you so much' enak banget! Plus, keren! Jjang pokoknya!


I miss you so much, ijeseoya neukkyeo uri gonggan
I miss you so much, we can feel it now 
I miss you so much, ireohge nunmuri naneunde wae nan
I miss you so much, why do I have tears?  
mollasseulkka
I didn't know
(Source: disini)

(Photo source: Instagram @wannaone.official)


Buat yang suka lagu-lagu bertemakan sendu dan galau, lagu ini bakal cocok banget. Enak juga didengar. Visual penyanyinya pun enak banget dilihat, wuahahaha. Bahkan ada 2 versi M/V untuk lagu ini. Pertama, versi Performance (mereka nyanyi sambil joget-joget ganteng + menunjukkan ketampanan hakiki); dan yang kedua adalah versi Movie+Prolouge (jadi kayak drama gitu, ada storylinenya.). Oh ya, ada video dance practice juga! Pokoknya paket lengkap.

'Movie ver.'

'Performance ver.'

'Dance practice'
(All of this photo source: Instagram @wannaone.official)

Monggo coba didengarkan sendiri, dan tonton semua video musiknya.

(Photo source: Instagram @wannaone.official)
'Nah kan, jadi kangen Wanna One.. 
너무 보고 싶다~'

3. Miracle- Jung Sewoon

(Photo source: disini)

Lagu rekomendasianku yang ketiga adalah lagu yang berjudul ‘Miracle’ milik Jung Sewoon. Fyi, Jung Sewoon ini merupakan ex-peserta Produce 101 season 2 yang memulai debut sebagai penyanyi solo. Selama acara survival show itupun sudah ditunjukkan kalau Jung Sewoon ini jago bikin lagu dan main gitar. Nah, pas debut solo, lagu-lagu di albumnya sebagian besar adalah lagu ciptaanya sendiri. Keren, uy! Termasuk lagu Miracle ini yang liriknya ditulis sendiri oleh Jung Sewoon.

Lagu ini juga sejenis lagu-lagu sendu bikin sakit hati. Ditambah suaranya Jung Sewoon yang adem banget meluluhkan hati. Aku menikmati banget cara Jung Sewoon menyanyikannya. Aku suka irama lagu ini, aku juga suka liriknya (walaupun harus search translatenya dulu biar sedikit ngerti). Dan yang paling penting, aku suka Jung Sewoon! Wuahaha!

Kamu datang padaku suatu hari
Dan aku percaya kamu sudah menjadi segalanya
Bahkan di jalan gelap yang kulewati sendiri setiap hari
Cahaya menyala satu persatu
Aku pikir kamulah yang terakhir untukku
Kamu membuatku menunggu matahari pagi setiap hari 
(*) Setiap kali aku menutup mata
Keajabaian terjadi
Mungkin itu karena kamu
Setiap kali aku membuka mata
Kamu ada di hadapanku setiap hari
Itu saja membuat banyak hal OK 
Setiap malam
Pada langit malam gelap yang kupandangi
Terlihat lebih terang karena beberapa alasan
(Lihatlah ke arah bintang-bintang itu) 
Aku pikir kamulah yang terakhir untukku
Aku sangat merindukanmu 
(*) 
Waktu menghalangi kita
Tapi kamu tetaplah keajaiban berharga bagiku
Aku berdo'a semoga menjadi kenyataan
Ketika aku sangat merindukanmu
Aku akan menyanyikan lagu ini
Dimanapun kamu berada, apapun yang sedang kamu lakukan
Aku selalu denganmu 
(*) 
Jika kamu berada di sampingku, aku baik-baik saja
(Source: English translation disini/ diterjemahkan Est Fabula)

Vibe sedih di lagu ini kentara banget. Kata-kata 'waktu menghalangi kita' bikin aku berpikir 'apa lagu ini tentang merindukan seseorang yang sudah beda alam karena ruang waktunya berbeda, atau ini lagu rindu karena LDR biasa yang nggak bisa ketemu karena jarak jauh dan waktu yang habis dipakai rutinitas?'

Mollayong~

Aku nggak mau terlalu memikirkannya. Yang terpenting adalah lagu ini recomended. Hahaha. Dan aku suka Jung Sewoon! (Maksa banget)

Monggo boleh banget didengarkan~

(Photo source: Instagram @sewoon_j)
'Dapat salam dari Sewoon~'

Sekian postingan kali ini. Itulah 3 lagu balada bertema kangen-kangen rekomendasian dariku. Semoga menjadi salah satu tracklist kalian.

Oya, niat awal aku pengen nulis ini sesingkat mungkin (karena bukan review), eh tapi malah jadi ngobrol panjang lebar begini. Nggak ngerti.

Annyeong~

(Agustus, 2019)

Komentar

Postingan Populer