Randomly Talk [Ngobrol]

Foto milik Katalis Sachi

Sebenarnya, aku cukup bingung harus memulai postingan ini dari mana. Apa lagi yang harus kuceritakan? Belakangan ini, aku merasa tidak ada hal istimewa yang terjadi. Semua berjalan seperti biasa –sangat biasa. Suatu hari, saat sedang menonton drama korea, tiba-tiba aku merasa ingin punya kehidupan  seperti tokoh dalam drama korea itu. Aku juga ingin merasakan sesuatu yang berbeda, barangkali, hidup yang berbeda? Pokoknya, sesuatu semacam itu. Random sekali, ya? 

Beberapa hari sebelum Ramadhan, aku bertemu dengan teman-temanku. Fyi, circle pertemananku ini bisa dibilang sangat sederhana, jarang sekali ada himpunan. Hahaha! Oke, aku yang introvert ini terlalu malas untuk ke sana-ke mari. By the way, ngomongin tentang introvert, bagi seorang introvert, berteman itu secukupnya, sisanya adalah menikmati waktu sendiri. Ada kesenangan yang hanya bisa dirasakan oleh seorang introvert ketika sendirian. Mungkin, bagi sebagian orang sendiri itu agak hmmm.. menakutkan, tapi bagi sebagian lainnya justru bisa sangat menyenangkan. Sendiri itu nggak ribet, walau kadang-kadang harus merasa sepi. Tapi, nggak masalah.

Hari itu, aku bertemu dengan teman-temanku seperti biasa. Kami mengobrol sampai sore. Senangnya bertemu dengan circle ini adalah aku yang bisa menjadi diriku sendiri. Aku bisa mengobrol dengan mereka. Sebut saja ini berlebihan, tapi jujur saja interaksi sosialku buruk sekali. Aku bahkan jarang mengobrol di circle yang lain. Bagiku pribadi, mengobrol santai dengan orang lain itu susaaaaah sekali. Kupikir, lebih mudah mengerjakan logaritma atau menghitung bilangan eksponensial, daripada harus memulai sebuah percakapan. Hahaha! Separah itu! Lebay.

Tapi tetap saja, walaupun aku bersama dengan –sebut saja orang-orangku, haha! kadang ada waktu dimana aku tetap tidak bisa membuka diriku sepenuhnya. Aku tetap merasa sendiri walau sedang dikelilingi teman-teman terdekatku. Interaksi sosialku memang agak complicated, tapi tenang saja, semua masih aman terkendali. Aku masih bisa menangani ini. 

Oke, prolognya panjang sekali. Hahaha, ini baru prolog! Aku kalau sudah curhat, memang suka nggak ingat daratan, apa aja dibahas. Padahal kan awalnya bingung mau nulis tentang apa, tapi tahu-tahu aku sudah bahas diriku yang introvert dan interaksi sosialku gitu aja. 

Hmmm… Andai ngobrol secara langsung segampang ngobrol di tulisan seperti ini, mungkin hidupku nggak akan ribet!

Oke, balik lagi, sebenarnya apa yang mau kubahas di postingan hari ini?

Jadi suatu malam, setelah pulang tarawih, aku sedang rebahan di tempat tidur karena kekenyangan saat sebuah notifikasi whatsapp masuk. Ada pesan dari Penulis Garut yang menginfokan tema tulisan untuk postingan ‘Ngabubuwrite’ selanjutnya. Coba tebak apa? 

Bakat

Iya, yang mau kubahas di postingan hari ini adalah tentang bakat. 

Waw, cuma di sini kayaknya kamu bisa menemukan prolog dan bahasan inti yang nggak ada korelasinya sama sekali. Hahaha!

Sejak mendapat kabar itu, setiap harinya, aku benar-benar memikirkan apa bakatku. Mau makan inget bakat, sebelum tidur inget bakat, sahur pun sambil mikirin bakat, bahkan sampai rebahan dan nonton drakor aja tiba-tiba terlintas di pikiran gitu aja, ‘wahai anak muda, apakah gerangan bakatmu?’

Ini mah benar-benar dipikirin.

Kenapa bisa sampai kayak gini? Kupikir, karena sebelum-sebelumnya aku nggak pernah mikirin tentang ini. Aku bahkan nggak bisa secara lugas jawab apa bakatku. Kemampuan khusus apa yang kumiliki? 

Apakah menulis bisa disebut bakat?

Katakanlah, ya. Atau bisa jadi juga, enggak.

Aku nggak tahu!

Atau coba kita ganti pertanyaanya dengan ‘hal apa yang kamu suka? hal apa yang membuat perasaanmu jadi baik? hal apa yang menjadi penyembuh bagi dirimu sendiri'

Aku bisa langsung jawab dengan, ‘Menulis!’

Terkait bakat, aku masih belum terlalu yakin dengan apa bakatku. Tapi jika ditanya tentang hal yang paling disukai, aku bisa langsung menjawab banyak hal.

Apakah ada yang sama sepertiku? Masih bingung dengan bakat apa yang dimiliki?

#Ngabubuwrite #NgabubuwriteWithPenulisGarut

#Penulis Garut

(April, 2021)


Komentar

Postingan Populer