Tentang Melihat Sisi Baik Dari Suatu Kejadian

Ada cerita lucu. Tadi siang, saya pergi ke Saung Buku Garut. Tapi berhubung Saung Bukunya tutup lebih awal, jadilah saya pulang lagi. Selama perjalanan menuju jalan raya, saya berfikir banyak tentang mau naik angkot 01 atau 07 untuk pulang. Iya, saya gampang banget galau kalau dikasih pilihan. Kedua angkot itu memang sama-sama bisa membuat saya sampai di rumah, tapi tentu ada perbedaannya. Kalau naik 01, yang warna angkotnya hijau, saya perlu menyebrang jalan setelah turun untuk sampai di rumah. Dan saya, paling males nyebrang-nyebrangan. Bisa lama banget sampai akhirnya saya tiba di sebrang jalan. Biasanya saya nunggu dulu sampai kedua ruas jalan kosong dari berbagai macam kendaraan, barulah setelah itu saya menyebrang. Bisa dibilang keahlian saya dalam bidang nyebrang-menyebrang ini kurang memadai. Makanya saya males. Terus, pilihan selanjutnya adalah naik angkot 07. Angkot ini terkenal banget loh! Terkenal karena lajunya yang ngebut. Angkot ini berguna banget buat orang-orang yang lagi buru-buru. Warna angkotnya putih-merah kayak bendera polandia. Warna merahnya cerah banget, beda sama warna merahnya angkot 012. Kalau naik angkot ini, ada dua kemungkinan yang akan terjadi; Pertama, angkot akan melaju lurus ke arah Sukaregang dan akhirnya belok kiri. Itu artinya angkot gak ngelewatin rumah saya. Saya mesti turun di Sukaregang, dan jalan lagi menuju rumah. Lumayan loh jaraknya. Dan saya males jalan lagi. Atau kemungkinan kedua, angkot akan berbelok ke arah ciwalen menuju Asia. Jika kemungkinan ini yang terjadi, maka saya aman. Gak perlu jalan lagi. Tinggal bilang “kiri” dan ya, saya sampai rumah. Setelah sampai di jalan raya, saya masih bingung mau naik angkot apa. Dalam hati saya bilang Angkot mana aja yang datang duluan ke depan saya, mau itu 01 atau 07, saya bakal naik angkot itu. Dan tidak lama kemudian, datanglah angkot 07. Naiklah saya ke angkot itu sambil harap-harap cemas. Takutnya angkot itu melaju lurus ke arah Sukaregang, dan saya harus jalan lagi. Angkotnya kosong, cuma ada saya aja. Berhubung kosong, saya nanya ke si Mang Angkotnya apa mau ke Asia dulu apa enggak. Dan si Emang bilang mau ke Asia. Okelah, berarti nanti saya gak perlu jalan lagi. Yeay! Tapi, saya tetep merasa cemas karena angkotnya kosong. Saya duduk deket lawang, biar gampang turun nanti. Dan melajulah angkot itu ke arah Asia. Ah! Sebenernya ini bukan cerita lucunya. Ini baru prolog, tapi kepanjangan ya? Oke, kita langsung masuk ke cerita lucunya aja.

Sebenernya saya merasa gak terlalu yakin juga ini cerita lucu. Malah, saya merasa miris. Di Asia, angkot 07 yang saya tumpangi nge-time. Seperti biasa, kalo angkot kosong ya gitu, nungguin penumpang. Padahal yang ditungguin suka cuek. Ritual nge-time adalah ritual yang penting banget buat para angkot yang kosong. Apalagi di daerah yang ramai seperti Asia dan Pengkolan. Nge-time nya belum lama, tapi tiba-tiba ada seorang Ibu yang datang entah darimana. Dia turun dari motornya dan langsung menghampiri angkot yang saya tumpangi sambil marah-marah. Di motor si Ibu, duduk seorang perempuan sebaya saya, atau bisa jadi lebih tua atau lebih muda, saya gak tahu. Si ibu bilang dia lagi nyari supir angkot 07 yang telah menabrak putrinya. Dengan garang, si Ibu nanya-nanya ke si Mang Angkot yang saya tumpangi ini. Nanyanya gak woles karena emosi. Si Emang kaget ditanyain begitu, tapi sebisa mungkin menjawab dengan tenang kalau dia bukan pelakunya dan memberikan beberapa saran buat nyari supir yang dimaksud si Ibu. Si Ibu marah-marah dan ngeluh, minta tanggung jawab karena putrinya terluka dan motor yang ditumpangi si Putri rusak. Si Ibu nunjuk putrinya dan juga motor yang tadi dipakainya. Tentu, saya agak kaget juga melihat itu. Saya merhatiin si Ibu dan putrinya secara bergantian. Bukan nabrak kali bu, itu putrinya masih disana.. Motornya juga masih bisa dipake sama Ibu barusan. Komentar saya dalam hati. Hihi gak berani secara langsung. Saya cuma diem dan merhatiin. Si Ibu terus marah-marah, dan merhatiin angkot 07 yang lewat satu-satu. Siap-siap buat nyegat. Sedangkan putrinya duduk di motor. Kasihan ih! Kata si Ibu tadi putrinya luka-luka sama lecet, bukannya di obati dulu putrinya. Saya tahu kalau si Ibu sayang banget sama putrinya, tapi masalah gak akan beres hanya dengan emosi. Tidak lama, orang-orang disekitar mulai kepo dan nanya-nanya sama si Ibu. Si Ibu langsung nyeritain kejadiannya, gak jauh beda kayak yang diceritain ke Mang Angkot. Mang angkot ngelajuin mobilnya. Mulai menjauh dari si Ibu. Dan saya gak tahu lagi kelanjutannya. Sepanjang jalan, Si Mang angkot ngebahas lagi masalah si Ibu. Agak seperti keluhan, karena sikap si Ibu barusan. Saya cuma nimpalin sekenanya aja. Males buat berpendapat yang lain-lain, walaupun dalam hati ada banyak banget yang pengen saya omongin. Manusia kan doyan banget ngomong, apalagi ngomongin orang dan masalah orang. Saya rasa, kalo saya ngomongnya ke si Emang Angkot sama aja bohong. Harusnya kalo mau ngomong ke si Ibu nya langsung, tapi apalah daya saya gak berani. Gak kerasa, saya hampir sampai rumah. Dan langsung bilang “kiri” pas udah nyampe. Saya turun, ngasih ongkos, dan jalan menuju rumah.

Saya kefikiran si Ibu dan Putrinya yang tadi. Sepertinya, orang-orang jadi susah banget buat ngelihat sisi baik dari suatu kejadian. Sebaliknya, sisi buruk yang awalnya berukuran kecil, malah di koar-koar dan diperbesar sesuka hati. Ah ya! Jadi inget semasa masih di organisasi SMA. Setelah melaksanakan suatu acara, pasti para panitia akan berkumpul dan melakukan rapat evaluasi. Di rapat ini, biasanya sesama panitia saling menyalahkan karena ada satu masalah yang muncul saat acara berlangsung. Saling beradu argumentasi, atau saling melindungi diri sendiri atau tim-nya masing-masing. Satu masalah, bisa menjadi sangat besar dan rumit. Padahal hanya satu! Mereka gak melihat sisi baik dari acara itu. Mereka gak mengapresiasi kerja meraka selama pra dan pas acara. Mereka jadi buta akan kesuksesan acara yang telah diselenggarakan oleh mereka, dan malah ngagugulung satu masalah, satu kendala. Di rapat evaluasi itu, bukannya mencari solusi tapi malah mencari orang yang harus di salahkan hanya karena satu kendala. Dulu saya masih bagian dari mereka, sih. Tapi sekarang mulai belajar untuk melihat sisi baik dari setiap kejadian. Sekarang, di rapat evaluasi manapun, ada dua hal yang menjadi poin utama untuk dibahas (khususnya untuk saya, sih); Apresiasi dan solusi. Segala hal gak akan berjalan dengan sempurna, gak selalu berjalan seperti apa yang kita ingin. Pasti ada aja hal yang gak kita inginkan. Dan saat hal yang gak kita inginkan itu terjadi, bukan lagi saatnya untuk mempermasalahkan itu. Kita lihat hal lain yang kita inginkan dan telah terjadi pada kita. Seimbang, kan? Dan segala sesuatunya harus dihadapi dengan kepala dingin. Emosi gak akan bikin kita kaya raya, malah bakal bikin kita buta sama keadaan. Jadi kalem aja, kita bakal bisa melihat sisi baik kalo kita gak pake emosi. Oke, balik lagi ke permasalahan si Ibu dan Putrinya, aduh! saya gak bermaksud mau ngomongin orang, sih. Hihi. Apa ya atuh ini disebutnya? Pelajaran? Ya, semacam itu lah. Bukan ngagibah ya! Kalau kita ngelihat sisi baik dari kejadian si Ibu dan Putrinya, kita malah bakal bersyukur. Nahloh? Iya, bersyukur. Untung aja Putrinya gak kenapa-napa, cuma lecet atau luka apalah. Bisa di obati dan gak perlu ke rumah sakit. Motornya juga toh masih bisa dipake, kan ya? Walaupun lecet-lecet, tapi masih bisa di perbaiki. Yang penting, putrinya selamat. Allah kasih musibah bukan buat bikin kita jadi pengeluh, kan ya? Tapi supaya kita merenung dan belajar. Ada yang salah dari kita, dan Allah ingin memperbaikinya. Iya kan? Iya kan? (Nahloh? Tiba-tiba menjelma jadi alim, hihihi).

Kayaknya saya salah deh tentang cerita ini cerita lucu. Saya gak tahu harus menyebut cerita ini cerita apa. Pokoknya cerita aja, deh. Selamat ber-positif thinking! Dan selamat berbahagia karena sisi baik yang selalu kamu lihat! *Eh tapi, sisi buruk juga sebenernya perlu. Untuk bahan evaluasi dan pelajaran. Asalkan sisi buruk itu gak kita jadikan pedoman hidup aja. Kita gak perlu berlarut-larut dalam sisi buruk. Sisi buruk ada untuk dilihat, dipahami, dan tidak lagi di ulangi.

31/07/16

(Hari terakhir di bulan Juli. Yuhuu! Besok udah masuk bulan Agustus. Gajian! Gajian! Gajian! *ngarep!)

Komentar

Postingan Populer